Header Ads

pengertian Kata Ganti (Promina) dan jenis-jenisnya



Kata Ganti (Promina) merupakaan kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda atau yang dibendakan. kata ganti personalia punya beberapa jenis jika dilihat dari sifat dan fungsinya.

1.       Kata ganti orang
kata ganti promina personalia merupakan segala kata yang menunjukan orang, pribadi, atau pembicara. kata ganti promina personalia memiliki 3 jenis, yaitu:
a.       Kata ganti orang pertama
kata ganti orang pertama merupakan kata yang menggantikan orang yang berbicara meliputi saya, aku, kami, hamba dan sebagainya. Dan pada kata ganti aku memiliki bentuk singkat yaitu ku.
b.      Kata ganti orang kedua
Kata ganti orang kedua merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan orang yang diajak berbicara meliputi, kemu, anda, kalian, tuan, nyonya, yang mulia, paduka dan sebagainya. Kata ganti kamu dan engkau memiliki kata bentuk singkat yaitu mu dan kau.
c.       Kata ganti orang ketiga
Kata ganti orang ketiga merupakan kata yang menggantikan diri orang yang dibicarakan meliputi, dia, beliau, mereka, almarum, almarhumah dan sebagainya. Kata ganti orang ketiga termasuk kata nama diri dan kata perkerabatan.
1)     Kata nama diri, digunakan untuk menunjukan identitas atau pengenal diri. Contohnya, Abdul, rendi, dzakir, waluyo, tukiyem dan sebagainya.
2)  Kata perkerabatan, digunakan untuk menunjuakn hubungan kerabat atau keluarga dengan pihak pertama. Contohnya, ayah, ibu, kaka, adik, nenek, kakek, paman, bibi dan sebagainya.

2.      Kata ganti empunya
Kata ganti empunya (pronomina) merupakan segala kata yang menggantikan kata ganti orang dalam kedudukan sebagai pemillik. Meliputi, -ku, -mu, nya, kami, kamu, dan mereka. Kata ganti empunya sebenarnya sama dengan kata ganti orang dalam fungsinya sebagai pemilik. Didalam fungsi sebagai pemilik , kata ganti empunya mengguanakan dua bentuk berikut, yakni bentuk enklitik dan bentuk proklitik.
a.    Bentuk enklitik, merupakan bentuk kata ganti ringkas yang cara penulisannya dirangkaikan dibelakang kata yang diterangkannya. Contoh: bajuku, bajumu, bajunya.
b.   Bentuk proklitik, merupakan bentuk kata ringkas yang cara penulisannya dirangkaikan dedipan kata yang diterangkannya. Conoh : kupukul, kaupukul.

3.      Kata Ganti Penunjuk
Kata Ganti Penunjuk (pronomina demonstrativa) merupakan Kata-kata yang menunjukan letak suatu benda. Kata ganti penunjuk meliputi:
a.       Ini, menunjuk sesuatu di tempat pembicara
b.      Itu, menunjuk sesuatu ditempat lawan bicara
c.       Sana, menunjuk sesuatu ditempat orang ketuga

4.      Kata ganti penghubung
Kata ganti penghubung (pronomina relativa) merupakan kata yang menghubungkan anak kalimat dengan suatu kata benda yang terdapat dalam induk kalimat. Contoh :
a.       Rumah tempat kami tinggal sekarang jauh dari lapangan
b.      Yang besar harus memberi contoh kepada yang kecil

5.      Kata ganti penanya
Kata ganti penanya (pronomina relativa) merupakan kata yang menanyakan tentang benda, orang, atau suatu keadaan. Kata ganti penanya meliputi:
a.       Apa, untuk menanyakan benda
b.      Mengapa, untuk menanyakan sebab, alas an, atau perbuatan
c.       Siapa, untuk menanyakan orang
d.      Mana,, untuk menanyakan pilihan suatu tempat yang tidak tentu
e.       Di/ke/dari mana, untuk menanyakan suatu tempat yang tidak tentu
f.       Bagaimana, untuk menanyakan cara, perbuatan
g.      Kapan, bilamana, untuk menanyakan waktu
h.      Berapa, untuk menanyakan jumlah, ukuran, nilai, harga, satuan, waktu.

6.      Kata ganti tak tentu
Kata ganti tak tentu (pronomina indeterminativa) merupakan kata yang menggantikan atau menunjukan benda atau orang dalam keadaan yang tidak tentu. Kata ganti tak tentu meliputi seseorang, barang siapa, masing-masing, siapa saja, salah seorang, dan setiap orang.

No comments:

Powered by Blogger.