Header Ads

Pengertian Konsonan dan macam-macam konsonan




Bunyi - ujaran yang terjadi karena udara yang keluar dari paru paru mendapatkan halangan disebut konsonan. ada tiga faktor penentu pembentukan konsonan, yaitu keadaan pita suara, daerah artikulasi, dan cara artikulasi. dalam bahasa Indonesia ada 22 fonem konsonan, yaitu /b/, /p/, /d/, /t/, /g/, /k/, /f/, /z/, /s/, /sy/, /kh/, /h/, /j/, /c/, /m/, /n/, /ny/, /ng/, /r/, /l/, /w/, dan /y/.
  • Gugus Konsonan
Dua konsonan atau lebih yang letaknya berurutan pada sebuah suku kata disebut gugus konsonan. Contoh: gugus konsonan sp, pr, kl, st, dan str pada kata spidol (spi - dol), pribadi (pri - ba - di), klasik (kla - sik), stasiun (sta - si - un), dan struktur (struk - tur).

Jika termasuk dalam dua suku kata atau lebih, gabungan konsonan tersebut tidak dinamakan gugus konsonan. Contohnya: fonem /kl/ pada kata maklum bukan merupakan gugus konsonan. penyebabnya ialah fonem /kl/ pada kata klinik termasuk dam satu suku kata, yaitu /kli - nik/. sementara itu fonem /k/ - /l/ pada kata /mak - lum/ termasuk dalam dua gugus konsonan , yaitu /mak - lum/ .

konsonan dalam bahasa indonesia tidak mengenal adanya gugus konsonan /mp/ dan /rc/. fonem /m/ dan /p/ serta /r/ dan /c/ dalam kosa kata bahasa indonesia selalu termasuk dalam kosa kata berbeda. Contoh: sampai (/sam - pai/) tempat (tem - pat/), arca (/ar-ca/), percaya (/per-ca-ya/), dan sebagainya.
  • Deret Konsonan 
merupakan dua konsonan yang letaknya berdamingan, tetapi berada pada suku kata yang berlainan. Contoh : korban (kor-ban), serbu (ser-bu), terbang (ter-bang), dan kerbau (ker-bau).

No comments:

Powered by Blogger.